Teruji Sukses! Inilah 5 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol, Penasaran?

 On Wednesday, September 5, 2018  



Di jaman internet seperti sekarang ini, peluang untuk berbisnis sangat terbuka lebar. Bisnis sekarang tidak hanya lagi milik sekelompok orang dengan investasi yang besar, namun juga dimiliki oleh mereka yang memiliki modal minimalis. Tidak heran jika sekarang ini banyak anak muda yang meraih sukses besar dengan startup mereka meskipun modal yang dimiliki tidaklah banyak. Ini semuanya terjadi karena satu alasan yang penting, yaitu mereka menyadari benar cara memulai bisnis online dari nol.
Langkah demi langkah dalam membangun bisnis online yang sukses mereka lakukan dengan benar tanpa melewatkan satu hal pun. Hasilnya, pada banyak kasus, bisnis online yang mereka bangun mampu membuahkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi. Nah, jika Anda ingin sama seperti mereka, maka Anda wajib membaca artikel ini sampai habis, ya. Pasalnya, berikut ini dijelaskan tentang 5 tahap dalam memulai bisnis online dari nol yang bisa Anda praktekkan sekarang juga. Yuk di simak!

1. Cara memulai bisnis online dari nol dimulai dari melakukan riset pasar
Prinsip utama bisnis adalah memberikan solusi terhadap masalah yang ada di lapangan. Nah, akan sangat sia-sia dong jika Anda membuat bisnis yang orientasinya pada produk atau jasa yang permintaannya kecil atau tidak ada sama sekali. Hal ini akan membuang waktu, tenaga, dan uang Anda jika dilakukan. Itu sebabnya riset pasar sangat penting untuk  dilakukan dalam proses membangun bisnis apapun bentuknya, termasuk bisnis online.

Apabila Anda berminat untuk mendirikan media online, Anda perlu tahu jenis media online seperti apa yang diinginkan oleh orang. Apakah jenis media yang menggunakan bahasa formal atau justru yang mengandalkan bahasa non-formal? Anda juga harus tahu target pasarmu itu seperti apa, usianya berapa, dan sebagainya. Semakin detail Anda melakukan penelitian pasar, maka semakin bijak pula Anda dalam membuat keputusan untuk melanjutkan pendirian ide bisnismu atau tidak. O ya, Anda juga dapat meminta pendapat dari konsultan bisnis lho, jika Anda merasa kesulitan.

2. Tahap kedua adalah membangun website yang fungsional
Setelah Anda melakukan penelitian pasar, maka langkah logis selanjutnya adalah dengan membuat website yang berfungsi dengan baik. Maksudnya, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa website yang Anda buat itu sudah berfungsi dengan baik sebelum meluncurkannya ke publik.
Anda pun tidak perlu mengelontorkan dana jutaan rupiah hanya untuk membuat website fungsional. Faktanya, uang 500 ribu rupiah yang Anda miliki itu sudah lebih dari cukup untuk membeli domain sekaligus menyewa hostingnya. Sementara, untuk tutorial membuat website yang fungsional bisa Anda dapatkan dengan melakukan pencarian (browsing) di internet dengan mudah. Lagi, karena anugerah internetlah istilah cara memulai bisnis online dari nol itu tercipta.

Baca: Cara Mudah dan Terjangkau Berbisnis Online & Menjadi Pengusaha Tour Travel Hanya Dengan 1 Aplikasi HP, Langsung Punya Website Sendiri!

3. Pelajari kompetitor Anda
Ingatlah, Anda bukanlah pemain satu-satunya dalam industri bisnis online yang akan Anda tekuni. Banyak sekali kompetitor diluar sana yang juga menawarkan solusi yang serupa dengan apa yang Anda punya. Bahkan beberapa kompetitor sudah jauh lebih dulu mendahului Anda. Sehingga dalam hal wawasan dan strategi bisnis, mereka tentu jauh lebih hebat dari Anda.

Hal-hal seperti ini yang harus Anda antisipasi dengan cara mempelajari cara mereka. Pelajari cara dan strategi seperti apa yang digunakan oleh pesaingmu sehingga bisa terus mencetak keuntungan yang banyak.Amati, tiru dan modifikasi cara mereka jika memungkinkan.

4. Investasi yang cukup pada divisi marketing dan penjualan
Dua hal penting dalam bisnis terletak pada proses pemasaran dan penjualan. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan perhatian khusus pada divisi pemasaran dan penjualan di bisnismu. Pasalnya, dua divisi tersebut bertanggung jawab langsung pada berapa banyak jumlah pemasukan yang bisa dihasilkan oleh bisnis Anda.

Oleh sebab itu, alokasikanlah investasi yang cukup pada kedua divisi tersebut untuk mendukung seluruh kegiatan operasionalnya. Khusus bagian marketing, alokasikanlah dana yang cukup untuk membiayai iklan di platform sosial media seperti facebook, instagram, twitter, dan lainnya. Atau Anda juga bisa beriklan secara terjangkau melalui platform Google Ads.

Baca: Cara Mudah dan Terjangkau Berbisnis Online & Menjadi Pengusaha Tour Travel Hanya Dengan 1 Aplikasi HP, Langsung Punya Website Sendiri!

5. Berusahalah semaksimal mungkin
Anda tidak pernah tahu apa yang bisa Anda hasilkan dari usaha Anda yang maksimal. Ingatlah bahwa hasil tidak pernah mengkhianati proses. Anda tidak usah memperdulikan pendapat orang lain yang membuat Anda tidak bersemangat dalam mengembangkan bisnis online yang Anda geluti. Sebaliknya, gunakan opini negatif mereka itu sebagai daya dorong dan semangat untuk terus berusaha dan berjuang melalui berbagai macam rintangan yang menghambat.


Jadi, bagaimana? Anda sudah cukup memahami bukan tentang cara memulai bisnis online dari nol? Sekarang, tinggal tugas Anda untuk mempraktekkan apa yang sudah Anda pelajari dari artikel ini. Jadilah Anda wirausahawan online yang cerdas, berkarakter pantang menyerah, dan bisa membanggakan kedua orang tua dan orang yang Anda sayangi.
Mahir Jualan Online

Tips dan Trik Bisnis dan Jualan Online Agar Omset Melesat. Profit bikin Bahagia. Like dan temukan kabar BARU dan Ter-Update di Fanspage Mahir Jualan Online

Teruji Sukses! Inilah 5 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol, Penasaran? 4.5 5 Allen Kristiyono Wednesday, September 5, 2018 Di jaman internet seperti sekarang ini, peluang untuk berbisnis sangat terbuka lebar. Bisnis sekarang tidak hanya lagi milik sekelomp...


No comments:

Post a Comment

Back to top

×